Sejarah Dari Sosok Wanita Yang Sangat Terkenal Di Indonesia Yaitu Ibu Kartini

Ibu kartini adalah sosok wanita  pertama yang memperjuangkan kehormatan dari wanita lainnya. Apalagi hari kartini diselenggarakan pada tanggal 21 april. Ketika tanggal 21 april pastinya banyak sekolah maupun tempat kerja yang memperingati hari kartini. Karena sosok kartini memang sangat terkenal sekali di indonesia. Apalagi bagi kaum wanita sosok kartini adalah pahlawan yang sangat berjasa sekali. 

Sejarah Dari Sosok Ibu Kartini 
Ibu kita kartini memiliki nama lengkap yaitu raden ajeng kartini. Tempat tinggal dari kartini adalah jepara, jawa timur. Kartini adalah sosok wanita yang hidup di kalangan bangsawan yang sangat kaya. Kartini merupakan putri dari seorang bupati yang terkenal di jepara yaitu raden mas adipati ario sosroningrat. Kartini lahir pada tanggal 21 april 1879. Kartini hidup pada saat era penjajahan. Di masa kartini perempuan tidak boleh belajar, bekerja dan cukup di rumah untuk melayani seorang suami. Mulai dari sini kartini berpikir untuk mengangkat derajat kaum wanita. Agar lebih setara dengan kaum laki-laki biar tidak diremehkan. 
Perjuangan Dari Ibu Kartini 
Sosok dari ibu kartini adalah perempuan yanh sangat pintar dan gemar untuk membaca buku. Akibatnya membuat kartini sangat pintar sekali. Apalagi kartini juga senang sekali untuk membaca, buku, majalah maupun surat kabar. Apalagi kartini juga sempat membaca tabloid miliki belanda yang menceritakan wanita-wanita di belanda yang banyak eksis di negara belanda. Akhirnya kartini berkeinginan mengangkat wanita-wanita pribumi agar derajatnya lebih tinggi. 
Selain itu ibu kartini juga mendirikan sekolah yang kebanyakan perempuan pribumi yang belajar. Agar ilmu yang dipelajari oleh kartini bisa disalurkan ke wanita pribumi yang berada di seluruh indonesia. Kartini sendiri bertindak sebagai guru yang mengajarkan ilmunya kepada para wanita. 
Setelah semua yang diajarkan ke para wanita pribumi di indonesia. Akhirnya ibu kartini meninggal di usia 25 tahun. Kartini meninggal setelah melahirkan seorang anak laki-laki. Setelah itu kartini meninggal dan dimakamkan di desa bulu, rembang. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Dari Sosok Wanita Yang Sangat Terkenal Di Indonesia Yaitu Ibu Kartini"

Post a Comment